MAKALAH SOP MEMPERSIAPKAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KERJA RESTAURANT DAN BAR CASHIER



KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul SOP Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan Kerja Restaurant & Bar Cashier dengan tepat waktu. SOP ( Standart Operational Prosedure ) adalah prosedure yang disusun berdasarkan pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas dan fungsi dari setiap komponen-komponen yang terkait didalamnya.
Semoga Strandart Operational Prosedure (SOP) ini dapat menjadi arah dan pedoman serta menjadi motivasi peningkatan kinerja bagi seluruh pekerja yang ada. Saya telah berusaha menyusun makalah ini dengan sebaik-baiknya dan menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, saya juga mengharap kritik dan saran dari berbagai pihak sehingga dapat menjadi masukan dan evaluasi bagi perbaikan SOP di masa mendatang.


Denpasar, 20 Maret 2020

penulis









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii

BAB I      PENDAHULUAN
                 1.1.  LatarBelakangMasalah................................................................. 1
                 1.2.  Rumusan Masalah.........................................................................
1
                
1.3. Tujuan Penulisan ........................................................................... 1
BAB II   
PEMBAHASAN
                 2.
1.Pengertian SOP............................................................................... 2
                 2.2.SOP Kasir Restaurant dan Bar....................................................... 3
                 2.3.Peralatan Kerja Restaurant and Bar Cashier................................... 4
                 2.4.Perlengkapan Kerja Restaurant and Bar Cashier............................ 5
BAB III   PENUTUP
                 3.1   Kesimpulan................................................................................... 7
                




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang

     Standard Operating Procedure (SOP) merupakan prosedur yang seharusnya ada dalam sebuah perusahaan dalam membantu menjalankan aktivitas. Standard Operating Procedure ada dan dibentuk oleh perusahaan sebagai acuan kerja sehingga para manager dan karyawan dapat menjadi sumber daya perusahaan yang professional dan handal. SOP merupakan dokumen tertulis yang memuat prosedur kerja, tahapan yang sistematis serta serangkaian instruksi mengenai aktivitas rutin dan berulang yang seharusnya dilakukan oleh organisasi . Standard Operating Procedure (SOP)  menjelaskan peran dan tugas setiap karyawan, seperti siapa penanggung jawab  dan pelaksananya, kapan melaksanakannya, bagaimana proses pekerjaannya, dokumen apa yang diperlukan.Saat prosedur itu terbentuk dan diterapkan dengan baik oleh Seluruh karyawan  perusahaan maka akan sangat membantu aktivitas perusahan dengan baik dan mencapai tujuan yang ditetapkan. Oleh karena itu, SOP merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam sebuah perusahaan.

1.2  Rumusan masalah
1.      Bagaimana SOP yang ada di Restaurant and Bar Cashier?
2.      Apa saja peralatan yang di gunakan di Restaurant and Bar Cashier?
3.      Apa saja perlengkapan yang digunakan di Restaurant and Bar Cashier ?

1.3  Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui SOP yang ada di Restaurant and Bar Cashier.
2.      Untuk mengetahui peralatan yang di gunakan di Restaurant and Bar Cashier.
3.      Untuk mengetahui perlengkapan yang digunakan di Restaurant and Bar Cashier

BAB II
PEMBAHASAN
2.1  PENGERTIAN SOP 
            SOP adalah suatu dokumen berisi prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif.
Penggunaan istilah SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam bidang bisnis terutama yang bergerak dalam sektor industri mungkin sudah tidak asing lagi. Standar Operasional Prosedur juga merupakan pedoman atau acuan dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku di perusahaan.Tujuan utama dari SOP ini adalah agar proses pelaksaanaan pekerjaan dilakukan dengan rapih, tertib, dan sistematis dari awal hingga akhir. Dengan adanya SOP maka diharapkan kualitas pekerjaan menjadi lebih baik.

Pengertian SOP Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang arti SOP, diantaranya adalah:

1. Moekijat

Menurut Moekijat, pengertian SOP adalah urutan langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana melakukannya, dan siapa yang melakukannya.

2. Sailendra

Menurut Sailendra, pengertian SOP adalah suatu panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

3. Istyadi Insani

Menurut Insani, arti SOP adalah dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan tentang proses-proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan.





2.2  SOP Kasir Restaurant and Bar

Adapun standard operating procedure (SOP) kasir adalah sebagai berikut :

  1. Memasukkan data kehadiran (presensi) .
  2. Menghidupkan komputer kasir dengan prosedur yang benar.
  3. Menghitung ulang modal awal kasir apakah sudah benar atau belum.
  4. Membersihkan toko dan merapikan display barang .
  5. Mengontrol stock barang di rak dengan mengisi barang yang kosong di rak.
  6. Mengontrol label harga sesuai dengan nama barang dan menempel label harga pada produk yang belum ada label harganya.
  7. Membuka toko sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.
  8. Melakukan transaksi dengan teliti dan benar serta memberikan pelayanan yang terbaik.
  9. Melayani konsumen sesuai dengan urutan antrian, dan mengingatkan konsumen jika menerobos antrian yang ada.
  10. Scan Barcode barang yang di beli oleh konsumen.
  11. Memisahkan dan mengemas barang sesuai dengan kelompoknya .
  12. Mengucapkan jumlah nominal uang yang diberikan oleh konsumen saat melakukan pembayaran.
  13. Memberikan kembalian kepada konsumen, sambil mengucapkan jumlah nominal kembalian.
  14. Tawarkan produk yang lain.
  15. Ucapkan terimakasih ke konsumen, sebelum konsumen meninggalkan loket kasir.
  16. Menghitung hasil total penjualan dan mencatat nomer transaksi terakhir pada shift pertama serta mencatatnya pada buku laporan penjualan harian .
  17. Serah terima uang hasil total penjualan selama shift pertama kepada petugas shift berikutnya .


Keberadaan SOP dalam perusahaan berperan sangat penting terutama dalam hal operasional perusanaan. SOP bisa dijadikan pedoman untuk mengantisipasi berbagai situasi yang bisa terjadi dalam menjalankan perusahaan.
Meskipun bisnis yang dijalankan sedang berkembang, namun dengan mempertahankan konsistensi untuk mematuhi SOP dapat membantu perusahaan agar berjalan pada sesuai dengan target dan tujuan utama.
Tanpa SOP, anggota perusahaan tidak dapat bekerja secara efektif dan efisien serta tidak memahami bagaimana ruang lingkup pekerjaannya. Sehingga keberadaan SOP sangat penting sebagai pedoman dan acuan perusahaan demi mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin melalui prosedur yang efektif.
2.3  Peralatan Kerja Restaurant And Bar Cashier

            Peralatan yaitu suatu alat yang gunanya untuk mendukung berjalannya pekerjaan. Peralatan biasanya lebih tahan lama. Peralatan yang terdapat di kasir antaralain:

1.      Komputer/mesin cashier
Digunakan untuk memasukan data-data ataupun pesanan dari tamu.

2.      Barcode Scanner 
Alat yang sering kita jumpai dari minimarket hingga hypermarket yang biasanya ada di meja kasir.
Kemampuan barcode scanner membaca kode barcode yang tertera di kemasan pada umumnya dipengaruhi oleh kualitas cetak tinta kode barcode dan jarak scan.

3.      Printer kasir 
Ada 2 macam printer struk , yaitu printer struk thermal dan printer struk dot matrix.
·         Printer struk thermal menggunakan kertas yang permukaannya licin , seperti ketika mencetak struk pembayaran dengan kartu kredit.
·         Printer struk dot matrix menggunakan kertas struk biasa.
·         Printer struk dot matrix biasanya lebih berisik (ketika mencetak) daripada printer struk thermal.

4.      Printer Dot matrix 
Printer ini baik digunakan untuk mencetak Laporan/faktur/ struk yang menggunakan kertas rangkap / carbonized dan kertas continuous form. Bila anda memiliki budget terbatas tetapi membutuhkan printer kasir / printer struk, maka printer dot matrix yang biasanya memakai kertas ukuran besar ( kertas A4 atau Folio) dapat disiasati dengan mengganti kertas A4 dengan roll kertas struk dan ditaruh di bagian belakang dengan menjepitnya.

5.      Cash drawer
Biasa disebut juga dengan laci uang. Tempat menaruh uang transaksi di kasir yang sudah memiliki divider / pemisah antara berbagai macam nilai uang . Berbagai jenis cash drawer ada yang menggunakan bahan baja , besi atau plastik. Dilengkapi pula dengan kunci .
Agar cash drawer membuka laci secara otomatis , kabel cash drawer dihubungkan ke printer struk dengan menggunakan konektor RJ11 . Sehingga ketika pilih Cetak struk di Software kasir, Cash drawer akan terbuka otomatis disertai printer struk mencetak nota.
6.      Customer Display
Fungsinya menampilkan transaksi yang dilakukan pelanggan dan apa saja  yang diinput oleh Kasir. Sehingga pelanggan dapat melihat/mengkonfirmasi item transaksi dan total pembeliannya.


2.4  Perlengkapan Kerja Restaurant And Bar Cashier

          Perlengkapan yaitu barang-barang yang bersifat habis di pakai ataupun bisa di pakai berulang-ulang yang bentuknya relatif kecil dan pada umumnya bertujuan untuk melengkapi kebutuhan kerja. Perlengkapan yang ada di kasir antara lain            :

1.      Pulpen/Pena
Digunakan untuk mencatat hal-hal penting selama pekerjaan berlangsung.
2.      Log book
Sebuah buku catatan khusus untuk kasir, buku ini di pakai sebagai alat komunikasi atau informasi tertulis antar kasir yang bertugas dari satu shift ke shift berikutnya.
3.      Formulir
Formulir yang dipakai oleh petugas kasir untuk mencatat penjualan makanan dan minuman.
4.      Reguler check bill
Bill yang dipakai untuk mencatat makanan atau minuman yang di pesan oleh tamu.
5.      Officer ceck bill
Bill yang di pakai untuk mencatat makanan atau minuman yang di pesan oleh karyawan hotel setingkat manager.
6.      Amplop
Sebuah amplop khusus yang dipakai oleh kasir untuk menyetor hasil penjualan makanan atau minuman selama bertugas.
7.      House Bank
Uang yang harus disiapkan oleh kasir sebelum memulai tugas tugasnya digunakan sebagai susuk/uang kembalian.



























BAB III
PENUTUP

3.1  KESIMPULAN
            SOP adalah suatu dokumen berisi prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling efektif. SOP sangat penting dilakukan sebelum memulai suatu pekerjaan agar pekerjaan berjalan secara efektif dan efisien.
sebelum memulai suatu pekerjaan ada baiknya kita selalu mempersiapkan peralatan dan perlengkapan kerja seperti logbook,pulpen,amplop,house bank, dan alat-alat electronik lainnya pendukung pekerjaan kasir, apabila segala sesatu telah dipersiapkan dengan benar maka pekerjaan akan berjalan dengan lancar.



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Study Banding^^

Contoh percakapan penanganan reservasi dalam bahasa Inggris^^

Perbedaan Finish dengan done