Contoh Laporan Study Banding^^

KATA PENGANTAR
      Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga penulis selaku siswi SMK Pariwisata Dalung dapat melaksanakan Study Banding serta dapat menyelesaikan laporan dengan tepat waktu.
      Pelaksanaan Study Banding merupakan sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang  lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perluasan wawasan, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lain. Dalam penyusunan laporan ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari, bahwa kelancaran dalam penyusunan laporan ini tidak lain adalah berkat dari bantuan dan bimbingan dari banyak pihak.
      Laporan ini penulis sajikan berdasarkan pengalaman yang penulis dapatkan selama melaksanakan Study Banding. Dengan penuh kesabaran akhirnya laporan ini dapat terselesaikan.
      Akhir penulis ucapkan terimakasih, semoga laporan ini dapat memberikan informasi serta dapat memperluas wawasan pembaca, khususnya para siswa SMK Pariwisata Dalung. Penulis sadar bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna.
      Apabila nantinya terdapat kesalahan dalam penulisan laporan ini, saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca.
Kuta Utara, 22 November 2017
Ayu Nonik Suryani
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ...................................................................... i
DAFTAR ISI ..................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang............................................................................... 1
1.2  Tujuan  Pelaksanaan Study Banding ............................................ 1
1.3  Manfaat Pelaksanaan Study Banding ........................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
2.1  Deskripsi Perjalanan ..................................................................... 3
2.2  Lampiran Foto .............................................................................. 4
BAB III PENUTUP
3.1  Simpulan ...................................................................................... 5
3.2  Kririk ............................................................................................ 5
3.3  Saran ............................................................................................. 5





BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
 Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya. 
Pengertian dari studi banding itu sendiri adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu,perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan peraturan perundangan, dan lain-lan.
Kegiatan studi banding dilakukan oleh kelompok kepentingan untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. Intinya adalah untuk membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri. 
Hasilnya berupa pengumpulah data dan informasi sebagai bahan acuan dalamperumusan konsep yangodiinginkan.
Oleh karena itu, siswa kelas XII Akomodasi Perhotelan (AP) dan Tata Boga (TB) SMK Pariwisata Dalung melaksanakan kegiatan Study Banding selama 4 hari 3 malam ke salah satu SMK terbaik di Surabaya yaitu SMK Katolik Mater Amabilis. Dengan harapan dapat menambah wawasan, pengalaman baru, dan menjadikan pembanding antara sekolah di Bali dengan sekolah di luar Bali, serta peningkatan mutu pembelajaran khususnya dalam hal praktek.

1.2  Tujuan Pelaksanaan Study Banding
Tujuan utama melakukan studi banding nantinya adalah menggali sebanyak mungkin informasi yang bisa didapat secara teknis real dan empiris. Untuk dijadikan barometer dan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan sebuah pembaharuan yang aplikatif, baik untuk kegiatan ke depan dalam jangka pendek dan jangka panjang secara futuristik. Jadi dengan kata lain tujuan dari studi banding tersebut adalah :
1.      Untuk menambah wawasan kita tentang tempat lain
2.      Untuk menimba pengalaman baru di tempat lain
3.      Untuk membandingkan tempat kita dengan tempat lain
4.      Untuk menambah cakrawala berfikir kita

1.3  Manfaat Pelaksanaan Study Banding
Dengan mengikuti program Study Banding, para siswa dan guru dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita dalam hal praktek. Para siswa juga dapat membandingkan perbedaan prosedur, alat, dan hal-hal lain antar sekolah. Serta dapat menambah wawasan mengenai praktek yang sekolah  tersebut terapkan. Untuk guru, dapat menambah pembelajaran apa-apa saja yang kurang kami terapkan dalam praktek.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Deskripsi Perjalanan
Pada hari Senin, 25 September 2017 pukul 14:00 WITA para siswa sudah berada di sekolah untuk melaksanakan persembahyangan secara pribadi di Padmasana sekolah. Pukul 16:00 rombongan Study Banding berangkat dari sekolah. Pada pukul 18:00 WITA rombongan sampai di Pura Luhur Rambut Siswi untuk sembahyang. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan dan sampai Pelabuhan Gilimanuk pada pukul 18:30 WIB. Setelah sampai di Pelabuhan, rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Kapal Fery menuju Jawa dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Setelah sampai, rombongan menuju ketapang, para siswa dan guru mandi dan makan bersama di Rumah Makan Grafika-Ketapang. Selesai makan bersama, rombongan masuk kembali kedalam bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Jatim Park.
Selasa, 26 September 2017, pada pukul 05:00 WIB rombongan tiba di rumah makan dan WC Umum untuk mandi dan makan pagi bersama. Pukul 06:30 WIB  para siswa dan guru makan bersama. Setelah pukul 08:30 rombongan masuk kembali kedalam bus untuk menuju Jatim park. Perjalanan dari rumah makan menuju Jatim Park yaitu sekitar 10 menit. Di Jatim Park, para siswa diberi kebebasan untuk bermain sampai pukul 12:00 WIB. Kurang lebih pukul 12:00 para siswa sudah berkumpul di Warung Makan Ken Arok. Setelah selesai makan, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Hotel Midtown. Setelah sampai di Hotel Midtown, rombongan melaksanakan makan malam dan mandi.
Rabu, 27 September 2017 pukul 06:00 WIB, rombongan sudah mulai makan pagi/sarapan. Kemudian rombongan Check-Out dan menuju Hotel JW Marriot Surabaya untuk melaksanakan makan siang, mendengarkan penjelasan mengenai fasilitas hotel dan bagian-bagian departemen dan berkeliling melihat fasilitas Hotel. Setelah selesai makan siang, rombongan langsung menuju SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya. Setelah melaksanakan Study Banding Di SMK Katolik Mater Amabilis, dan mendengarkan penjelasan dari siswa dan guru disana tentang lingkungan sekolah mereka, ruang praktek service, ruang praktek kitchen, ruang praktek room attendant, ruang praktek front office, dan tempat-tempat lain yang ada di sekolah. Setelah selesai berkeliling, para siswa langsung menuju aula untuk diberikan camilan dari SMK Katolik Mater Amabilis. Kemudian para siswa masuk kedalam bus untuk menuju perjalanan pulang ke Bali.
Rombongan melanjutkan perjalanan menuju rumah makan untuk makan malam , mandi dan membeli oleh-oleh. Setelah selesai makan dan membeli oleh-oleh, rombongan menuju pelabuhan. Pukul 02.00 WIB, sebelum sampai di pelabuhan, rombongan berhenti di rumah makan ketapang untuk makan kembali. Kemudian rombongan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan.
Kamis, 28 September 2017, kurang lebih sekitar pukul 08:30 WITA rombongan sampai di SMK Pariwisata Dalung.
2.2 Lampiran Foto
Foto di Jawa Timur Park 1
      









Foto Saat di Kota Batu                                Foto Saat Di JW Marriot Surabaya














BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
                  Study Banding SMK Pariwisata Dalung yang sangat menginspiratif, yang dimana pelaksanaannya sangat berpengaruh baik bagi siswa siswi SMK Pariwisata Dalung, selain bisa belajar sambil rekreasi  khususnya siswa siswi SMK Pariwisata dalung mendapat tambahan wawasan mengenai praktek- praktek, baik praktek untuk Akomodasi Perhotelan maupun praktek untuk Jasa Boga. Meskipun Study Banding yang singkat namun banyak pelajaran yang bisa didapat.
3.2  Kritik
·         Waktu yang diberikan kepada siswa untuk menikmati setiap objek terlalu singkat
·         Para siswa kebanyakan hanya memikirkan hiburan dibandingkan pembelajaran, yang merupakan tujuan siswa mengikuti study banding.
·         Sopir bus ugal-ugalan dan sangat mengganggu kenyamanan siswa
3.3  Saran

Adapun saran yang dapat saya sampaikan yaitu kegiatan Study Banding SMK Pariwisata Dalung  adalah kegiatan yang sudah sangat baik sekali yang telah diterapkan oleh SMK Pariwisata Dalung namun sebaiknya untuk Study Banding selanjutnya  dilaksanakan di Bali saja, selain dapat meminimalisir pembayaran, kita juga bisa mengetahui objek wisata apa saja yang ada di Bali yang belum pernah dikunjungi.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh percakapan penanganan reservasi dalam bahasa Inggris^^

Perbedaan Finish dengan done