Contoh Proposal Usaha

LOGO


PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM

FUDO INOVASI DONAT BUAH SEBAGAI CAMILAN KEKINIAN YANG MENYEHATKAN

BIDANG KEGIATAN
PKM- KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)


Diusulkan oleh : 

(nama pengusul)



(nama Universitas)
2019











PENGESAHAN PROPOSAL PKM-KEWIRAUSAHAAN

1.      Judul Kegiatan                                                : Fudo Inovasi Donat Buah  
Sebagai Camilan Kekinian
Yang Menyehatkan
2.      Bidang Kegiatan                                             : PKM-Kewirausahaan
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                            :
b. NIM                                                            :
c. Jurusan                                                        :
d. Universitas/Institute/Politeknik                  :
e. Alamat Rumah dan No.Telp/HP     :
f. Alamat email                                               :
4.      Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis             :
5.      Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar               :
b. NIDN                                                          :
c. Alamat Rumah dan No. Telp/HP    :

Menyetujui
Ketua Program Studi Manajemen                             Ketua Pelaksana Kegiatan
                                                                                  


(nama pembimbing.)                                                ( nama ketua )
NIDN.                                                                       NIM

Rektor                                                                                  Dosen Pembimbing
,










BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Donat di buat dari bahan baku yang hampir sama dengan roti. Makanan ini memiliki bentuk khas love dengan lubang di tengah. Saat ini donat telah berkembang berbagai variasi bentuk dan rasa. Cemilan atau makanan-makanan ringan bisa dikatakan saat ini sangat sering dicari oleh orang-orang untuk dibeli dan dikonsumsi, hal ini dikarenakan cemilan ini sangat mudah didapatkan dan juga sangat praktis sehingga konsumen sering memburu cemilan-cemilan untuk dibeli. Makanan atau yang bisa disebut juga cemilan ini bisa di konsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa. Donat biasanya memiliki rasa yang berbeda-beda, sesuai toping yang di bentuk dan di sesuaikan rasa. Saat ini begitu banyak cemilan-cemilan yang dijajakan di pinggir-pinggir jalan, dan juga makanan ringan ini biasanya bermacam-macam jenis yang diperjual belikan dipinggir-pinggir jalan, salah satu jenis makanan tersebut ialah donat, mungkin sudah banyak cemilan-cemilan donat sudah sering dijajakan, dari yang biasa hingga yang sudah sangat terkenal, namun terkadang donat yang diperjual belikan dipasar sekarang ini hanya donat yang menggunakan toping coklat, keju, seres, dan kacang. Dengan pertimbangan masalah diatas maka kami ingin mencoba untuk mengulas usaha dibidang donat. Donat ini dibuat dengan menggunakan toping buah dan juga berwarna – warni, akan tetapi tetap menggunakan pewarna alami. Dengan ini, usaha donat merasa ada peluang pasar yang dapat di buat, karena mempertimbangkan konsumen yang membutuhkan dan menginginkan suatu cemilan donat yang sedikit berbeda dengan yang sudah ada dan juga donat ini jauh dari bahan pengawet sehingga sangat baik bagi semua kalangan. Dari data yang kami dapat, di sekitar wilayah (nama daerah) terdapat banyak warga yang membeli dan mengonsumsinya sebagai bahan cemilan.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diraikan diatas, maka permasalahan yang akan dibahas adalah :
1. Bagaimana cara memanfaatkan buah menjadi isian makanan ringan yang sehat dan bergizi?
2. Bagaimana cara pembuatan fruit donat?
3. Bagaimana startegi pemasaran yang akan di gunakan dalam memasarkan dan mengembangkan fruit donat kepada masyarakat?
1.3 Tujuan Masalah
Tujuan dari program ini adalah :
1. Mengenalkan kepada masyarakat bahwa buah bisa dijadikan toping pada roti donat.
2. Mengenalkan kepada masyarakat bahwa donat buah mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan masyarakat menjadikannya camilan yang menyehatkan
3. Menerapkan strategi pemasaran yang akan di gunakan untuk memasarkan dan mengembangkan fruit donat






BAB II
GAMBARAN UMUM USAHA RENCANA

Usaha donat buah ini dimulai dengan mempersiapkan bahan baku. Untuk bahan baku buah, dipilih buah dengan kualitas yang tinggi dan harga yang cukup terjangkau. Melakukan produksi 3 kali dalam satu minggu. Setiap kali produksi, ditargetkan dapat menghasilkan donat buah sebanyak 85 biji. Setelah membaca penjelasan sebelumnya, bahkan berdasarkan pengamatan bahwa usaha donat buah ini memang belum pernah ada yang memproduksinya bahkan di toko - toko khusus kue belum ada yang memproduksi donat buah ini. Oleh karena itu, terciptalah ide untuk mengemas usaha donat dengan menggunakan toping buah dan juga berwarna warni layaknya pelangi, namun menggunakan pewarna alami , dengan nama produk  FUDO (FRUIT DONAT) ini sebagai salah satu bentuk usaha yang akan di pasarkan di pasar-pasar biasa, dan akan dikemas secara berbeda dari produk sejenis yang pernah ada. Usaha FUDO (FRUIT DONAT) ini mempunyai beberapa keunggulan yaitu:
1. Variasi bentuk donat yang berbeda dari donat yang pernah ada sebelumnya, seperti donat dalam bentuk love dengan berbagai warna dengan toping berbagai jenis buah
2. Harga yang ditawarkan untuk FUDO sendiri terjangkau.
3. Untuk proses pembuatan FUDO ini dibuat se-higienis mungkin, dan juga dapat dikonsumsi oleh semua umur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena buah mengandung banyak gizi.
FUDO, selain bermanfaat bagi kesehatan, juga belum ada yang menjual donat buah ini di pasaran. Oleh karena itu, produksi FUDO sangat tepat dijual di tempat yang ramai pengunjung seperti daerah wisata, sekolah – sekolah ataupun kampus. Pada dasarnya orang lebih suka mengonsumsi jajanan yang murah dan higienis. Terkadang ada juga yang kurang menyukai rasa dari buah maka menjadikan buah itu tidak terlalu diminati oleh kalangan masyarakat. Saat ini anak-anak justru lebih menyukai makanan yang gurih-gurih, contohnya seperti snack. Sehingga jumlah konsumen yang mengonsumsi makanan sejenis donat menjadi berkurang, hal ini menjadikan ancaman bagi usaha FUDO ini. Setelah itu muncul inisiatif untuk memproduksi donat buah dalam kemasan yang menarik dan bentuk donat di buat berbeda dari donat-donat seperti biasa, agar anak-anak menyukai donat buah yang diproduksi ini. Setelah mengonsumsi donat buah yang bergizi dan tanpa pengawet ini anak-anak menjadi sehat dan terhindar dari makanan ringan yang berpengawet. Kegiatan produksi FUDO ini dipusatkan di salah satu rumah anggota dari tim prduksi FUDO di daerah Kerobokan, Badung, Bali. Sedangkan untuk pemasaran, selain menitipkan FUDO di toko toko kecil, juga terdapat rencana untuk membuat stand kecil di pinggir jalan raya di (nama daerah) dengan memasangkan spanduk di depan stand yang menarik perhatian konsumen. Apabila FUDO yang telah diproduksi pada hari itu ada yang tidak laku, maka akan dijual kembali kepada teman-teman satu kos maupun kos lain yang ada di dekat kos anggota pemroduksi FUDO sampai donat itu habis terjual. Setelah usaha FUDO yang diproduksi ini berjalan dengan lancar maka akan berusaha untuk tetap menjaga mutu dan kualitas produk ini, agar para konsumen FUDO tidak kecewa dan usaha yang diproduksi ini tetap berjalan dengan lancar. Produksi FUDO ini akan diadakan evaluasi setiap kali diproduksi dengan tujuan agar kedepannya bisa menjaga mutu dan kualitas produk yang lebih baik lagi. Pendapat dari orang sekitar juga akan dijadikan sebuah motivasi untuk usaha FUDO ini ke arah  yang lebih baik.


BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1 Pembagian Tugas Masing - Masing Anggota adalah sebagai berikut :
1. Ketua
Melakukan survey tempat di daerah (kota/desa), mengawasi kegiatan proses produksi, mengevaluasi kinerja setiap anggota berdasarkan program yang direncanakan agar tidak menyimpang aturan awal, mengkoordinasi setiap proses produksi agar berjalan sesuai rencana, mengevaluasi hasil produk yang akan di pasarkan, serta sebagai pihak penanggung jawab seluruh usaha yang akan di kerjakan.
2. Anggota
a. Mengangani bidang administrasi dan surat menyurat dengan pihak luar perusahaan, mencatat segala sesuatu hal yang berkaitan dengan proses produksi dan pembuatan laporan.
b. Menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, mencatat semua keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran sedetail mungkin.
c. Menangani proses produksi serta bertanggung jawab atas alat produksi serta kwalitas produk yang dihasilkan, melakukan pengecekan hasil produk sebelum sampai ke tangan konsumen
d. Mengelola pemasaran produk, membangun opini baik terhadap konsumen tentang produk yang akan di hasilkan, menentukan porsi penjualan pada setiap produksi, mencari informasi kelemahan-kelemahan tentang pesaing di daerah Dalung.
e. Membuat dan memproduksi FUDO dengan berbagai macam rasa dan dengan ciri khasnya tersendiri.

3.2 Tahap Pra Produksi
a. Tahap Perencanaan
Persiapan yang perlu dilakukan yaitu melakukan survey tempat di daerah Dalung guna untuk mengetahui kondisi serta minat konsumen dan melakukan perencanaan inovasi lebih lanjut. Serta melakukan studi kelayakan tentang usaha yang akan dijalankan. Kegiatan ini dilakukan guna agar memiliki prospek yang menguntungkan dan berjangka panjang.
b. Tahap Persiapan
Mempersiapkan kebutuhan untuk persediaan tempat serta sarana dan prasarana guna menunjang proses produksi. Dan melakukan pengadaan dan persiapan bahan baku untuk memulai usaha guna mempermudah proses produksi suatu usaha.
c. Tahap Pengadaan Produk
Membuat sample produk sebagai langkah awal untuk mengetahui kwalitas produk sebelum dipasarkan. Dalam pembuatan sample berguna untuk mengetahui cita rasa produk, pengemasan, takaran produk serta penampilan produk. Sample yang telah di buat sebagai acuan untuk mengetahui selera dan tolak ukur produk yang sesuai dengan masyarakat.

3.3  Tahap Produksi
Dalam kegiatan produksi membutuhkan tahapan-tahapan seperti :
a.    Alat yang digunakan seperti : kompor gas, mixer, dan alat untuk menggoreng.
b.    Bahan-bahan :
1.  Margarine
2.  Garam
3.  Air dingin
4.  Telur
5.  Tepung
6.  Gula
7.  Susu
c.    Proses Pembuatan
d.   Pemasaran
Mengenalkan produk secara langsung dengan masyarakat dan melakukan penyediaan tempat untuk mempermudah konsumen menikmati salah satunya membuat stan kecil di pinggir jalan raya Dalung. Serta menggunakan jejaring media sosial dan membuat brosur untuk mengenalkan produk.

3.4  Pasca Produksi
Tahapan akhir yang dilakukan kegiatan pelaporan yang berisi laporan data kegiatan dari tahapan persiapan hingga tahapan pasca produksi. Tahap pelaporan di gunakan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang di peroleh sebagai bahan evaluasi.



BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN


4.1  Anggaran Biaya
Biaya total (TC) dalam usaha pembuatan makanan FUDO, terdiri dari fixed cost dan variabel cost. Fixed cost (FC) merupakan aset tetap, dimana jumlah yang dikeluarkan tidak tergantung pada jumlah barang yang diproduksi. Fixed cost merupakan jumlah biaya semua peralatan yang bergerak. Sedangkan jumlah variabel cost atau biaya bergerak adalah jumlah biaya yang digunakan yang besar kecilnya tergantung dari jumlah yang dihasilkan. Variabel cost merupakan biaya operasional dalam usaha ini. 
a. Fixed Cost
No
Bahan dan Alat
Jumlah
Harga
1
Tepung
2 Kg
Rp. 16.000
2
Garam
1 bungkus
Rp. 1.000
3
Margarine
200 g
Rp. 5.000
4
Gula
1 Kg
Rp. 13.000
5
Susu Cair
1 liter
Rp. 17.000
6
Mixer
1 buah
Rp. 100.000
7
Wajan
2 buah
Rp. 50.000
8
Kompor Gas
1 buah
Rp. 250.000
Total
Rp. 452.000

b. Variable Cost
No
Keterangan
Harga
1
Biaya Transportasi
Rp. 50.000
2
Biaya Lain – Lain (Air, Telephone, Promosi, Listrik)
Rp. 100.000
Total
Rp. 150.000


No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan Penunjang
Rp. 100.000
2
Bahan Habis Pakai
Rp. 25.000
3
Bahan Lain
Rp. 15.000
4
Perjalanan
Rp. 50.000
5
Pembuatan Proposal
Rp. 15.000
Subtotal
Rp. 205.000
4.2 Jadwal Kegiatan
Kegiatan
Bulan Ke-
I
II
III
IV
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
Persiapan Alat dan Bahan
















Uji Coba Pembuatan Produk
















Pembuatan Produk
















Promosi
















Penjualan Produk
















Evaluasi Kegiatan
















Laporan Pertanggung Jawaban



















Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota
Biodata Ketua
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)

2
Jenis Kelamin

3
Program Studi

4
NIM/NIDN

5
Tempat dan Tanggal Lahir

6
E-mail

7
Nomor Telepon/HP


B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMK
Nama Institusi



Jurusan



Tahun Masuk-Lulus




C.    Pemakalah seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2



3




D.    Penghargaan dalam 5 Tahun Terakhir (dari Pemerintah, Asosiasi atau Institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1



2



Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata diijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan  Proposal PKM.

Kota, Tanggal


 
Ketua Pengusul
           
(Nama ketua)
Biodata Anggota
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)

2
Jenis Kelamin

3
Program Studi

4
NIM/NIDN

5
Tempat dan Tanggal Lahir

6
E-mail

7
Nomor Telepon/HP


B.     Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi



Jurusan



Tahun Masuk-Lulus




C.    Pemakalah seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2



3




D.    Penghargaan dalam 5 Tahun Terakhir (dari Pemerintah, Asosiasi atau Institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1



2



Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata diijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan  proposal PKM.
Kota , tanggal
Anggota
           

( nama anggota)
Lampiran 1. Lanjutan
1.      Dosen Pembimbing
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap (dengan gelar)

2
Jenis Kelamin

3
Program Studi

4
NIM/NIDN

5
Tempat dan Tanggal Lahir

6
E-mail

7
Nomor Telepon/HP


B.     Riwayat Pendidikan
Program
S-1
S-2
S-3





                         














C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2



3



4



5



6




D.    Penghargaan dalam 10 Tahun Terakhir
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1



Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Proposal PKM.
(Kota), (Tanggal)
Pembimbing



Lampiran 2. Susunan Organisasi Tim Penyusun dan Pembagian Tugas
No
Nama/NIM
Program Studi
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1



21 Jam/Minggu
Pengkoordinasi tim, penanggungjawab laporan, pembuatan dan penjualan produk.
2



21 Jam/Minggu
Pembuatan produk, pemasaran, penjualan
3



21 Jam/Minggu
Pembuatan produk, pemasaran, penjualan
4



21 Jam/Minggu
Pembuatan produk, pemasaran, penjualan


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Study Banding^^

Contoh percakapan penanganan reservasi dalam bahasa Inggris^^

Perbedaan Finish dengan done