Belajar Efektif dengan Menggunakan The Feynmann Technique

Banyak orang kurang menguasai atau kurang benar – benar paham pada suatu materi yang dipelajari sehingga apa yang dipelajari menjadi kurang efektif dan sulit di mengerti. Pada kesempatan ini, nonik akan sharing teknik  belajar efektif dengan menggunakan The Feynmann Technique.

Nah, The Feynmann Technique sudah saya terapkan dari saya berumur 12 tahun yang pada saat itu baru memasuki Sekolah Menengah Pertama, Teknik yang pertama sebelum kita mempelajari suatu materi atau konsep haruslah kita membaca materi atau konsep tersebut, lalu mulailah jelaskan materi atau konsep yang kamu tahu (jelaskan materi atau konsep tersebut sesuai yang kamu tangkap dengan pemahaman yang baik tanpa mengurangi maksud pada materi atau konsep yang kamu pelajari), dengan itu materi atau konsep yang tadinya rumit menjadi sangat mudah kamu pelajariJ.  Setelah itu, kamu bisa catat inti dari materinya apabila kamu tidak mampu mengingat materi atau konsep tersebut.

Saya sering menggunakan teknik ini dalam semua pelajaran yang saya dapatkan, saya menjelaskan dalam bentuk bagan atau gambaran – gambaran kecil.  Kelebihan kita mempelajari teknik ini,  pada saat ulangan kita masih ingat karena kita telah memahami dan menguasai materi atau konsep yang kita pelajari. Dan teknik ini juga bisa sangat bagus untuk lancar saat presentasi, yang dalam presentasi kita membentuk pemahaman dengan orang lain dengan cepat , namun dengan hal yang sederhana.

Sekian dari nonik ya, semoga bermanfaatJ

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Study Banding^^

Contoh percakapan penanganan reservasi dalam bahasa Inggris^^

Perbedaan Finish dengan done