Menciptakan Mental yang Baik Pada Anak

Hi Sahabat, Apa Kabar? Kesempatan ini saya akan bahas bagaimana mendidik anak agar anak memiliki mental yang baik. Cara ini cukup terbilang sederhana namun sangat berdampak baik pada anak. Langsung saja ya:)



picture by Nonik

  1. Mengangguklah, perhatikan dan tunjukkan sikap tertarik saat anak bicara padamu. Hal ini membuat anak merasa bahwa dirinya diinginkan dan menambah rasa kerpercayaan diri pada anak.
  2. Tidak memotong langsung pembicaraan saat anak sedang bercerita atau mengadu. Ini menyebabkan anak menjadi penakut, seperti takut mengungkapkan pendapat, takut memulai percakapan, takut menjawab pertanyaan, dll.
  3. Jika anak terjatuh(terpeleset, jatuh dari sepeda, tersandung, dll) jangan langsung panik dan teriak, jangan memarahi anak karena tidak mampu berjalan dengan baik. Melainkan, latih anak bangkit terlebih dahulu dengan sendirinya. Setelah tenang, barulah katakan pada anak untuk lebih hati - hati. Hal ini melatih anak agar tidak mudah putus asa.
  4. Jangan menyalahkan anak atas apa yang terjadi. Contoh kalimat yang berpangaruh:"Kamu ini, Gara-gara kamu jadi pecah gelasnya!", "Kamu liat - liat dong!", dll. Hal ini menyebabkan anak merasa dirinya tidak berguna, dan membuat anak cenderung enggan dalam melakukan hal baru, dan anak akan menjadi pribadi yang tertutup(introvert).
  5. Apresiasikan kemampuan yang dimiliki anak karena tiap anak memiliki kelebihan masing - masing.
  6. Jangan bertengkar didepan anak. Hal ini menyebabkan anak trauma dan sulit percaya dengan orang lain.
  7. Latih anak untuk mandiri seperti merapikan mainannya sendiri setelah bermain, makan sendiri, dll, 

Well, Sekian dari saya. semoga bermanfaat ya.


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Study Banding^^

Contoh percakapan penanganan reservasi dalam bahasa Inggris^^

Perbedaan Finish dengan done