MAKALAH SOP MEMPERSIAPKAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN KERJA RESTAURANT DAN BAR CASHIER
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat
rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul SOP Mempersiapkan
Peralatan dan Perlengkapan Kerja Restaurant & Bar Cashier dengan tepat
waktu. SOP ( Standart Operational Prosedure ) adalah prosedure yang disusun
berdasarkan pedoman dalam melaksanakan tugas-tugas dan fungsi dari setiap
komponen-komponen yang terkait didalamnya.
Semoga Strandart Operational
Prosedure (SOP) ini dapat menjadi arah dan pedoman serta menjadi motivasi
peningkatan kinerja bagi seluruh pekerja yang ada. Saya telah berusaha menyusun
makalah ini dengan sebaik-baiknya dan menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari kata sempurna, saya juga mengharap kritik dan saran dari berbagai pihak
sehingga dapat menjadi masukan dan evaluasi bagi perbaikan SOP di masa
mendatang.
Denpasar,
20 Maret 2020
penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1. LatarBelakangMasalah................................................................. 1
1.2. Rumusan Masalah......................................................................... 1
1.3. Tujuan Penulisan ........................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian SOP............................................................................... 2
1.2. Rumusan Masalah......................................................................... 1
1.3. Tujuan Penulisan ........................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1.Pengertian SOP............................................................................... 2
2.2.SOP Kasir Restaurant dan Bar....................................................... 3
2.3.Peralatan Kerja Restaurant and Bar Cashier................................... 4
2.4.Perlengkapan Kerja Restaurant and Bar Cashier............................ 5
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Standard
Operating Procedure (SOP) merupakan prosedur yang seharusnya ada dalam sebuah
perusahaan dalam membantu menjalankan aktivitas. Standard Operating Procedure
ada dan dibentuk oleh perusahaan sebagai acuan kerja sehingga para manager dan
karyawan dapat menjadi sumber daya perusahaan yang professional dan handal. SOP
merupakan dokumen tertulis yang memuat prosedur kerja, tahapan yang sistematis
serta serangkaian instruksi mengenai aktivitas rutin dan berulang yang
seharusnya dilakukan oleh organisasi . Standard Operating Procedure (SOP) menjelaskan peran dan tugas setiap karyawan,
seperti siapa penanggung jawab dan
pelaksananya, kapan melaksanakannya, bagaimana proses pekerjaannya, dokumen apa
yang diperlukan.Saat prosedur itu terbentuk dan diterapkan dengan baik oleh
Seluruh karyawan perusahaan maka akan
sangat membantu aktivitas perusahan dengan baik dan mencapai tujuan yang
ditetapkan. Oleh karena itu, SOP merupakan suatu hal yang sangat penting di
dalam sebuah perusahaan.
1.2 Rumusan masalah
1. Bagaimana
SOP yang ada di Restaurant and Bar Cashier?
2. Apa
saja peralatan yang di gunakan di Restaurant and Bar Cashier?
3. Apa
saja perlengkapan yang digunakan di Restaurant and Bar Cashier ?
1.3 Tujuan penulisan
1. Untuk
mengetahui SOP yang ada di Restaurant and Bar Cashier.
2. Untuk
mengetahui peralatan yang di gunakan di Restaurant and Bar Cashier.
3.
Untuk mengetahui perlengkapan yang
digunakan di Restaurant and Bar Cashier
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN SOP
SOP adalah suatu dokumen berisi
prosedur kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam
menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil
kerja paling efektif.
Penggunaan istilah SOP (Standar Operasional Prosedur) dalam
bidang bisnis terutama yang bergerak dalam sektor industri mungkin sudah tidak
asing lagi. Standar Operasional Prosedur juga merupakan pedoman atau acuan
dalam bekerja sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja pegawai serta
sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja yang berlaku di perusahaan.Tujuan
utama dari SOP ini adalah agar proses pelaksaanaan pekerjaan dilakukan dengan
rapih, tertib, dan sistematis dari awal hingga akhir. Dengan adanya SOP maka
diharapkan kualitas pekerjaan menjadi lebih baik.
Pengertian SOP Menurut Para Ahli
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang arti SOP,
diantaranya adalah:
1. Moekijat
Menurut Moekijat, pengertian SOP adalah urutan
langkah-langkah (atau pelaksanaan-pelaksanaan pekerjaan), di mana pekerjaan
tersebut dilakukan, bagaimana melakukannya, bilamana melakukannya, di mana
melakukannya, dan siapa yang melakukannya.
2. Sailendra
Menurut Sailendra, pengertian SOP adalah suatu panduan yang
digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan
berjalan dengan lancar.
3. Istyadi Insani
Menurut Insani, arti SOP adalah
dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan tentang
proses-proses penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara
melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang
berperan dalam kegiatan.
2.2 SOP Kasir Restaurant and Bar
Adapun standard operating
procedure (SOP) kasir adalah sebagai berikut :
- Memasukkan data kehadiran
(presensi) .
- Menghidupkan komputer kasir
dengan prosedur yang benar.
- Menghitung ulang modal awal kasir
apakah sudah benar atau belum.
- Membersihkan toko dan merapikan
display barang .
- Mengontrol stock barang di rak
dengan mengisi barang yang kosong di rak.
- Mengontrol label harga sesuai
dengan nama barang dan menempel label harga pada produk yang belum ada
label harganya.
- Membuka toko sesuai dengan
jadwal yang ditetapkan.
- Melakukan transaksi dengan
teliti dan benar serta memberikan pelayanan yang terbaik.
- Melayani konsumen sesuai dengan
urutan antrian, dan mengingatkan konsumen jika menerobos antrian yang ada.
- Scan Barcode barang yang di
beli oleh konsumen.
- Memisahkan dan mengemas barang
sesuai dengan kelompoknya .
- Mengucapkan jumlah nominal uang
yang diberikan oleh konsumen saat melakukan pembayaran.
- Memberikan kembalian kepada
konsumen, sambil mengucapkan jumlah nominal kembalian.
- Tawarkan produk yang lain.
- Ucapkan terimakasih ke
konsumen, sebelum konsumen meninggalkan loket kasir.
- Menghitung hasil total
penjualan dan mencatat nomer transaksi terakhir pada shift pertama serta
mencatatnya pada buku laporan penjualan harian .
- Serah terima uang hasil total
penjualan selama shift pertama kepada petugas shift berikutnya .
Keberadaan SOP dalam perusahaan berperan sangat penting
terutama dalam hal operasional perusanaan. SOP bisa dijadikan pedoman untuk mengantisipasi
berbagai situasi yang bisa terjadi dalam menjalankan perusahaan.
Meskipun bisnis yang dijalankan sedang berkembang, namun
dengan mempertahankan konsistensi untuk mematuhi SOP dapat membantu perusahaan
agar berjalan pada sesuai dengan target dan tujuan utama.
Tanpa SOP, anggota perusahaan tidak dapat bekerja secara
efektif dan efisien serta tidak memahami bagaimana ruang lingkup pekerjaannya.
Sehingga keberadaan SOP sangat penting sebagai pedoman dan acuan perusahaan
demi mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin melalui prosedur yang efektif.
2.3 Peralatan Kerja Restaurant And Bar
Cashier
Peralatan
yaitu suatu alat yang gunanya untuk mendukung berjalannya pekerjaan. Peralatan
biasanya lebih tahan lama. Peralatan yang terdapat di kasir antaralain:
1. Komputer/mesin
cashier
Digunakan
untuk memasukan data-data ataupun pesanan dari tamu.
2. Barcode
Scanner
Alat
yang sering kita jumpai dari minimarket hingga hypermarket yang biasanya ada di
meja kasir.
Kemampuan barcode scanner membaca kode barcode yang tertera di kemasan pada umumnya dipengaruhi oleh kualitas cetak tinta kode barcode dan jarak scan.
Kemampuan barcode scanner membaca kode barcode yang tertera di kemasan pada umumnya dipengaruhi oleh kualitas cetak tinta kode barcode dan jarak scan.
3. Printer
kasir
Ada 2 macam printer struk , yaitu
printer struk thermal dan printer struk dot matrix.
·
Printer struk thermal menggunakan kertas
yang permukaannya licin , seperti ketika mencetak struk pembayaran dengan kartu
kredit.
·
Printer struk dot matrix menggunakan
kertas struk biasa.
·
Printer struk dot matrix biasanya lebih
berisik (ketika mencetak) daripada printer struk thermal.
4. Printer
Dot matrix
Printer ini baik digunakan untuk
mencetak Laporan/faktur/ struk yang menggunakan kertas rangkap / carbonized dan
kertas continuous form. Bila anda memiliki budget terbatas tetapi membutuhkan
printer kasir / printer struk, maka printer dot matrix yang biasanya memakai
kertas ukuran besar ( kertas A4 atau Folio) dapat disiasati dengan mengganti
kertas A4 dengan roll kertas struk dan ditaruh di bagian belakang dengan
menjepitnya.
5. Cash
drawer
Biasa disebut juga dengan laci
uang. Tempat menaruh uang transaksi di kasir yang sudah memiliki divider /
pemisah antara berbagai macam nilai uang . Berbagai jenis cash drawer ada yang
menggunakan bahan baja , besi atau plastik. Dilengkapi pula dengan kunci .
Agar cash drawer
membuka laci secara otomatis , kabel cash drawer dihubungkan ke printer struk
dengan menggunakan konektor RJ11 . Sehingga ketika pilih Cetak struk di
Software kasir, Cash drawer akan terbuka otomatis disertai printer struk
mencetak nota.
6. Customer
Display
Fungsinya menampilkan transaksi
yang dilakukan pelanggan dan apa saja yang diinput oleh Kasir. Sehingga
pelanggan dapat melihat/mengkonfirmasi item transaksi dan total pembeliannya.
2.4 Perlengkapan Kerja Restaurant And
Bar Cashier
Perlengkapan yaitu barang-barang yang bersifat habis di
pakai ataupun bisa di pakai berulang-ulang yang bentuknya relatif kecil dan
pada umumnya bertujuan untuk melengkapi kebutuhan kerja. Perlengkapan yang ada
di kasir antara lain :
1. Pulpen/Pena
Digunakan
untuk mencatat hal-hal penting selama pekerjaan berlangsung.
2. Log
book
Sebuah
buku catatan khusus untuk kasir, buku ini di pakai sebagai alat komunikasi atau
informasi tertulis antar kasir yang bertugas dari satu shift ke shift
berikutnya.
3. Formulir
Formulir
yang dipakai oleh petugas kasir untuk mencatat penjualan makanan dan minuman.
4. Reguler
check bill
Bill
yang dipakai untuk mencatat makanan atau minuman yang di pesan oleh tamu.
5. Officer
ceck bill
Bill
yang di pakai untuk mencatat makanan atau minuman yang di pesan oleh karyawan
hotel setingkat manager.
6. Amplop
Sebuah
amplop khusus yang dipakai oleh kasir untuk menyetor hasil penjualan makanan
atau minuman selama bertugas.
7. House
Bank
Uang
yang harus disiapkan oleh kasir sebelum memulai tugas tugasnya digunakan
sebagai susuk/uang kembalian.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
SOP adalah suatu dokumen berisi prosedur
kerja yang harus dilakukan secara kronologis dan sistematis dalam menyelesaikan
suatu pekerjaan tertentu dengan tujuan agar memperoleh hasil kerja paling
efektif. SOP sangat penting dilakukan sebelum memulai suatu pekerjaan agar
pekerjaan berjalan secara efektif dan efisien.
sebelum memulai suatu pekerjaan
ada baiknya kita selalu mempersiapkan peralatan dan perlengkapan kerja seperti
logbook,pulpen,amplop,house bank, dan alat-alat electronik lainnya pendukung
pekerjaan kasir, apabila segala sesatu telah dipersiapkan dengan benar maka
pekerjaan akan berjalan dengan lancar.
Comments
Post a Comment