CONTOH LAPORAN TRAINING FRONT OFFICE DEPARTEMENT
PROSEDUR
KERJA RECEPTIONIST DALAM MENANGANI
TAMU CHECK-IN
DI
THE CAMAKILA LEGIAN BALI HOTEL
Oleh
Ni Putu Ayu Nonik Suryani
XI AP 1
2474
(13)
Laporan ini dibuat sebagai salah
satu syarat untuk naik ke kelas XII, dan sebagai syarat untuk mengikuti ujian
laporan serta melengkapi atau mendapatkan nilai praktek industri yang telah
saya lakukan selama 6 bulan yang saya laksanakan dari tanggal 12 Juni 2016 s/d 31
Desember 2016. Dan laporan ini saya ajukan kepada Panitia Pembimbing dan
Panitia Penguji.
Disetujui pada :
Hari
:
Tanggal
:
Tempat
: SMK Pariwisata Dalung
Pembimbing
Mariana Viviana Harmin,
S.pd
PROSEDUR KERJA RECEPTIONIST DALAM MENANGANI TAMU CHECK-IN
DI THE CAMAKILA LEGIAN BALI HOTEL
Oleh
Ni
Putu Ayu Nonik Suryani
2474
Laporan
ini diajukan guna memenuhi salah satu syarat menyelesaikan On The Job Training program studi keahian Akomodasi Perhotelan
SMK
Pariwisata Dalung
Disetujui
oleh:
Pembimbing Penguji
Mariana Viviana Harmin, S.pd. I
Kadek Dian Satriawan, S.pd.
Di
sahkan oleh
Kepala
SMK Pariwisata Dalung
Drs.
Ketut Maliarsa
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan karuniaNya saya dapat menyelesaikan praktek kerja industri (prakerin) yang dilaksanakan pada 12 Juni 2016 sampai dengan 31 Desember 2016 di The Camakila Legian Bali Hotel.
Laporan hasil praktek
kerja industri (prakerin) ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya bantuan dari
pihak lain baik secara langsung maupun tidak langsung oleh karena itu penyusun
mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan teman – teman atas
terselesainya laporan hasil praktek kerja industri (prakerin).
Praktek kerja industri (prakerin) ini merupakan program sekolah
yang wajib dilaksanakan oleh setiap siswa/siswi dalam rangka pembinaan
keterampilan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Penyusun menyadari
bahwa dalam laporan hasil praktek kerja industri (prakerin) ini masih banyak
tedapat kekurangan. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis juga berharap
adanya kritik dan saran. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Badung, Februari 2017
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
sektor pariwisata di Indonesia khususnya di pulau Bali menuntut pula adanya
sarana dan prasana, serta proses pariwisata yang memadai antara lain : Hotel, Biro
Perjalanan, Restaurant, dan Trasnportasi. Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang
dikelola secara profesional yang
bersifat komersial yang disediakan untuk semua orang yang membutuhkan dan untuk
mendapakan pelayanan, penginapan, makanan, minuman, dan fasilitas lainnya. Dalam operasional hotel membutuhkan
tenaga-tenaga yang profesional yang handal dalam bidang pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan. SMK
Pariwisata Dalung bertujuan mencetak tenaga-tenaga kerja yang handal dan
profesional dalam bidang pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan. Untuk
mencapai tujuan tersebut SMK Pariwisata Dalung mencanangkan praktek kerja
industri kepada siswanya. Program ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab
agar pengetahuan dan pengalaman yang didapat selama melaksanakan praktek kerja
industri dapat berguna sebagai bekal untuk bias bekerja nantinya. Pelaksanaan
praktek kerja industri merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa di
SMK Pariwisata Dalung agar siswa mampu meningkatkan keterampilan, pengetahuan,
serta wawasan dalam bidang pariwisata.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
pemaparan latar belakang di atas, rumusan permasalahan adalah sebagai berikut:
A. Bagaimanakah kesesuaian teori
di sekolah dengan di tempat pelaksanaan kerja industri ?
B. Bagaimanakah ketidaksesuaian
teori di sekolah dengan di tempat pelaksanaan kerja industri?
C.
Bagaimana
pemasalahan yang dihadapi selama melalukan On
The Job Training di The Camakila Legian Bali Hotel?
1.3
Tujuan Penulisan Laporan
Adapun tujuan
penulisan laporan ini, ialah sebagai berikut :
1. Membandingkan
kesesuaian materi yang di peroleh di sekolah dengan di The
Camakila Legian Bali Hotel.
2. Memperoleh
ilmu baru di luar materi dan praktek yang di peroleh di sekolah
3. Untuk
mengetahui prosedur pelaksanaan kerja front
office pada saat menangani tamu check in, check out, walk in guest, dan telepon operator.
4. Sebagai
syarat untuk memperoleh nilai semester ganjil kelas XI.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1 Teori Yang Mendukung Judul
Laporan
Sesuai
dengan judul laporan ini yaitu prosedur kerja receptionist dalam menangani tamu check-in di The Camakila Legian
Bali hotel ada beberapa teori yang mendukungnya, yaitu :
1.
Pengertian
Pariwisata
Menurut
Koen Meyers (2009), pariwisata adalah
aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh semntara waktu dari tempat tinggal
semula ke daerah tujuan dengan alasan bukan untuk menetap atau mencari nafkah
melainkan hanya untuk memenuhi rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang
atau libur serta tujuan-tujuan lainnya.
2. Pengertian hotel
Hotel adalah
badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi
masyarakat umum dengan fasilitas jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman,
jasa layanan kamar, serta jasa pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan
bagi mereka mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya
menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.
3.
Pengertian Prosedur
Prosedur
adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus
dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku (sama) agar selalu memperoleh
hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.
4.
Pengertian kerja
Menurut susanti (1988: 20-22 ) kerja
adalah aktivitas utama yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan
untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan uang bagi seseorang. Dalam
pembicaraan sehari – hari istilah ini sering dianggap sinonim dengan
profesi.
5.
Pengertian prosedur kerja
Prosedur kerja
adalah rangkaian tata kerja yang
saling berkaitan sehingga menunjukkan adanya suatu urutan tahap demi tahap yang
harus dikerjakan dalam rangka penyelesaian suatu pekerjaan.
6. Pengertian
Front Office
Front Office adalah salah satu
department di sebuah hotel yang berada di bagian depan, yang merupakan pintu
gerbang dari hotel itu sendiri sehingga mudah diketahui dan dihubungi tamu yang
secara operasional berhubungan langsung dengan tamu.
7. Fungsi
Front Office yaitu :
1.
Menyiapkan
dan memberikan pelayanan informasi hotel.
2.
Menangani
permasalahan tamu dan keluhan ( complains).
3.
Mengerjakan
laporan tentang status kamar.
4.
Menangani
pembayaran tamu.
5.
Menangani
telephone Switch Board, Fax, dan Telegram.
6.
Menangani
barang – barang bawaan tamu.
7.
Menangani
check-in dan check out tamu.
8.
Bagian-bagian
Front Office
a.
Receptionist
1) Memberikan
informasi kepada tamu
2) Melayani
kebutuhan tamu dalam hal surat-menyurat, kunci kamar, hubungan telephon, dan
transaksi pembayaran di hotel.
3) Melayani
para tamu yang complaint tentang fasilitas maupun pelayanan di hotel.
4) Ikut
mempromosikan dan menjual fasilitas lainnya di hotel.
b.
Reservation
1) Menerima
pemesanan kamar dari tamu secara perorangan atau individual, kelompok atau
melalui travel agent dan memberikan
konfirmasinya.
2) Membuat
ramalan atau perkiraan jumlah atau penghuni kamar untuk suatu periode harian,
mingguan, bulanan, dan tahunan.
3) Membuat
daftar tamu yang akan datang secara harian (expected
arrival list) yang individual, kelompok ataupun VIP.
c.
Uniform Service (Bellboy atau Concierge)
Tugas
utamaya adalah memberikan pelayanan umum kepada tamu yang ada di lobby (check
in, check out, order taxi, mengambil
obat, menduplicat kunci, mengambil welcome drink dan lain-lain).
d.
Telephone Operator
Memberikan pelayanan
penyambungan telephone baik didalam kota, interlokal, Melayani permintaan wake up call
e.
Information Clerk
Tugas
utama dari seorang information clerk
adalah untuk meberikan informasi kepada tamu mengenai kota, tempat wisata yang
terdekat maupun di sekitar area yang cukup besar, tempat shopping, toko
kerajinan tradisional dan semua yang menyangkut daerah tersebut mupun daerah
luar.
f.
Front Cashier Clerk
Tugas dari
seorang front cashier clerk adalah
membantu tamu untuk melakukan transaksi pembayaran bill kamar serta pemakaian
lainnya yang menyangkut tentang hotel.
BAB
III
GAMBARAN
UMUM THE CAMAKILA LEGIAN BALI HOTEL
3.1 Gambaran umum The Camakila Legian
Bali Hotel
The
Camakila Legian Bali
adalah salah satu resort
di daerah Legian yang dekat dengan
pantai. Terletak langsung di Pantai Legian, pantai yang dikenal dengan
keindahan sunsetnya. Sementara menikmati
ketenangan, resort ini juga berada di
dekat area hiburan dan tempat belanja yang populer di Kuta dan Seminyak, dan hanya 25
menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Beberapa pulau yang menjadi
objek wisata andalan di Bali dan Lombok juga dekat
dengan resort ini.
Resort
ini, memiliki 117 kamar dan semua kamar memiliki balkon pribadi dan dengan pemandangan Garden atau Lagoon Pool.The
Camakila Legian Bali, awalnya bernama Hotel Saphir Mabisa Inn Bali ( 1997 –
2004 ) dengan owner Bapak Putu Werdiasa, SH, di bawah naungan PT. Usaha
Pariwisata Sukses. Pada tanggal 3 September 2004, dibeli oleh Bapak Joni
Kantono di bawah naungan PT. Graha Pariwisata Sukses, dan nama hotel masih tetap Hotel Saphir Mabisa Inn
Bali.
Pada tahun 2008, Hotel Saphir Mabisa Inn
Bali, berganti nama menjadi CAMAKILA SANCTUARY (oleh Bapak Joni Kantono), pada
tahun 2009, CAMAKILA SANCTUARY berganti nama , menjadi Ramada Resort Camakila
Bali. Pada tahun 2016, tepatnya pada 1 Januari 2016, Ramada Resort Camakila
Bali, berganti nama menjadi Radisson Bali Legian Camakila, tetapi tidak lama,
pada awal Juni tepatnya 10 Juni 2016, Radisson Bali Legian Camakila berganti
nama menjadi The Camakila Legian Bali. Sampai sekarang, resort ini masih tetap
bernama The Camakila Legian Bali.
3.2
Lokasi
The Camakila Legian Bali Hotel
Lokasi :
Jl. Padma
Utara, Legian,
Kuta – Bali
80361. Indonesia
Tel. (62-361)
752877
Fax. (62-361)
752870
fospv@camakilabali.com
www.camakilabali.com
Kepemilikan The Camakila Legian Bali
adalah Bapak Joni Kantono (PT.Graha Pariwisata Sukses).
3.3
Fasilitas The
Camakila Legian Bali Hotel
Setiap hotel pada umumnya memiliki fasilitas yang berbeda-beda seperti
halnya The Camakila Legian Bali. The Camakila Legian Bali mengelola berbagai macam fasilitas guna kelancaran operasi
dan untuk memenuhi kebutuhan tamu. Di bawah ini
akan dijelaskan tentang fasilitas yang disediakan di The Camakila Legian Bali :
A.
Informasi Kamar
:
1.
Camakila Suite
(Presidential Suite) (1)
Camakila Suite adalah
sebuah akomodasi (kamar) yang mewah dengan Pantai Legian sebagai
pemandangan utamanya, dengan luas 100m2. Kamar ini terdiri dari ruang keluarga yang luas, ruang
tidur, kamar mandi, dan ruang makan pribadi yang stylish, dan dilengkapi dengan
balkon pribadi.
2.
Daladala Suite
(Junior Suite) (2)
Daladala Suite adalah salah satu kamar yang dapat
dikatakan mewah di The Camakila legiann Bali, dengan ukuran 50m2,
kamar ini menonjolkan ruang tidur dan ruang keluarga yang terpisah dan
dilengkapi dengan balkon dengan pemandangan Lagoon Pool ataupun Tropical Garden
yang tumbuh subur.
3.
Deluxe Room
(114)
Deluxe Room adalah kamar standar yang ada di The Camakila Legian Bali,
dengan ukuran kamar 36m2, kamar ini terasa sangat nyaman untuk ditempati,
dan tiap – tiap kamar menghadap ke Lagoon Pool atau Garden yang subur, kamar
ini juga dilengkapi dengan balkon pribadi. Kamar ini memiliki 2 jenis bed,
yaitu King Size bed dan juga Twin bed, dan juga bisa ditambah dengan extra bed
ataupun baby crib. Ada 25 kamar Deluxe yang memiliki interconnecting door.
Harga kamar di The Camakila Legian Bali tidak tetap, melainkan tergantung
pada banyak atau sedikitnya kamar yang terjual, harga kamar bisa saja berbeda
setiap harinya.
Fasilitas kamar
tamu, antara lain :
•
Private
Balcony
•
Telephone
for local & IDD calls
•
Central
air-conditioning with individual control
•
Flat
screen color television with satellite TV
program
•
Free
Wi-Fi internet access
•
Tea &
coffee-making facilities
•
Refrigerator
– Mini bar
•
Daily 2 bottles
of mineral water
•
Safety
Box
•
Hairdryer
•
115 – 240
shaver outlet
B.
Fasilitas
Makan dan Minum :
1. Azaa Restaurant & Lagoon Pool
Bar
Azaa Restaurant & Lagoon Pool Bar, merupakan
restoran utama yang ada di The Camakila Legian Bali, dengan pemandangan Dala –
Dala swimming pool yang indah. Para tamu bisa berendam sambil makan dan minum. Azza
Restaurant digunakan untuk kegiatan breakfast lunch dan juga dinner. Azza
Restaurant menawarkan gabungan rancangan yang elegan untuk harga internasional,
makanan yang nyaman, makanan Asia dan makanan khas Indonesia pilihan. Poolside
snacks & cocktails juga tersedia
disini untuk menambah kenyamanan para tamu, selagi menikmati sinar matahari
Bali.
Pelayanan
Makanan yang diberikan di restaurant ini adalah:
•
Buka dari
pukul 06.00 – 23.00
•
Melayani
breakfast, lunch, dinner
•
Kapasitas
: 80 orang.
2. TAO Beach House
Dengan rasa yang menginspirasi,
perpaduan rancangan , dan suasana yang stylish,
TAO Beach House merupakan salah satu restoran yang ada di The Camakila Legian
Bali, restoran ini terletak di belakang resort dan dekat dengan pantai
Legian. Di restoran ini menyediakan menu
masakan Thailand, Vietnam, Malaysia, dan
Jepang. Di restoran ini juga terdapat sebuah kolam berenang, dengan
pemandangan Pantai Legian, dan juga
terdapat teras terbuka yang disediakan untuk para tamu yang ingin makan di
tempat terbuka dan di atara kolam berenang dan sinar matahari, dan juga ketika
malam tiba, akan terlihat bintang – bintang yang bersinar terang di atas
restoran ini.
Pelayanan Makanan yang diberikan antara
lain :
·
Melayani lunch dan dinner.
·
Buka dari pukul 10.00 – 23.00.
·
Kapasitas : 52 orang.
3. Rooftop Bar
Dengan suasana dan cocktails yang menggugah
selera, tidak ada tempat sederhana yang lebih baik dari ini untuk menikmati
sunset dan melihat bulan muncul dengan beratapkan bintang – bintang di atas
Rooftop Bar. Lokasi Rooftop Bar ini terletak di lantai paling atas dari TAO
Beach House. Terinspirasi dari minuman - minuman Asia, dan daftar menu termasuk
cita rasa TAO cocktails dan Tapas
menu yang menarik.
Pelayanan
Makanan yang diberikan di restoran ini :
·
Buka dari pukul :18.00 – 23.00
·
Kapasitas : 40 orang
4.
In Room Dining (24 jam)
Pada
umumnya In Room Dining atau selalu
disebut dengan nama Room Service merupakan suatu seksi yang
terdapat di Food and Beverage Service dimana mempunyai peranan untuk
mngantarkan pesanan tamu ke kamar dimana pesanan tamu berupa makanan dan
minumakn serta buah buahan. Room Service tersedia selama 24 jam, karena
mengingat bahwa tamu yang akan melakukan pemesanan bisa pada tengah malam. Room
Service sangatlah penting didalam suatu
hotel karena mengingat bahwa tidak semua restaurant buka selama 24 jam dan juga
tidak semua tamu yang sedang menginap akan menikmati
menu yang terdapat dalam suatu hotel dengan datang ke restaurant, namun ada
juga tamu yang ingin melakukan makan malam atau dinner didalam kamar. Room Service yang ada di The Camakila Legian Bali letak
sangat berdekat dengan Kitchen hotel,
ini bertujuan agar pesanan yang telah dipesan oleh tamu dapat langsung diantar
ke kamar tamu yang bersangkutan yang telah memesan makanan tersebut.
Fasilitas
Spa dan Gym di The Camakila Legian Bali Hotel :
The Camakila Legian Bali memiliki sebuah spa yaitu
Salila Spa, yang terletak di belakang hotel dekat dengan Gym dan TAO Beach
House. Salila Spa memiliki 4 single rooms dan 2 double rooms, dan untuk Gym
juga memiliki fasilitas alat yang cukup lengkap dan juga sauna.
Jam
buka Spa :
09.00 – 21.00
Jam
buka Gym : 07.00 – 21.00
Fasilitas
Meeting di The Camakila Legian Bali Hotel :
Ada beberapa fasilitas meeting di The
Camakila Legian Bali, antara lain :
Room Size & Capacity
|
Pavana
|
Anila 1
|
Anila 2
|
Anila 1 + 2
|
Room Size
|
45 m2
|
48 m2
|
72 m2
|
120 m2
|
Theater capacity
|
30 orang
|
30 orang
|
55 orang
|
85 orang
|
Class Room capacity
|
18 orang
|
18 orang
|
30 orang
|
50 orang
|
Board Room capacity
|
25 orang
|
25 orang
|
36 orang
|
48 orang
|
U- shape capacity
|
22 orang
|
22 orang
|
27 orang
|
39 orang
|
Dinner Seating
|
20 orang
|
20 orang
|
20 orang
|
70 orang
|
Cocktail Party capacity
|
40 orang
|
40 orang
|
70 orang
|
110 orang
|
3.4 Struktur Organisasi
Front Office Departement
Struktur Organisasi Departement
Front Office
The Camakila Legian Bali Hotel
1.
Tugas
dan tanggung jawab masing – masing
section
A.
Tugas
dan tanggung jawab Front Office Manager
1. Menciptakan kepuasan tamu dan memberi
kesan positif bagi tamu diarea kerjanya.
kesan positif bagi tamu diarea kerjanya.
2. Menyeleksi, menempatkan,
melatih, dan
mengevaluasi karyawan Front Office.
mengevaluasi karyawan Front Office.
3. Memastikan bahwa semua staff Front Office
menguasai sistem komputer hotel, etika
menerima telepone,dan standart operasional
dihotel.
menguasai sistem komputer hotel, etika
menerima telepone,dan standart operasional
dihotel.
4. Menyambut tamu VIP
5. Menjaga keharmonisan
kerja dengan
penjualan dan pemasaran tentang harga
kamar
penjualan dan pemasaran tentang harga
kamar
6. Menangani complain tamu yang tidak bisa
diselesaikan oleh bawahannya
diselesaikan oleh bawahannya
7. Membuat laporan
bulanan tentang daftar
tamu,tingkat hunian maupun untung/rugi
dibagian kantor depan
tamu,tingkat hunian maupun untung/rugi
dibagian kantor depan
B.
Tugas
dan tanggung jawab Front Office
Supervisor
1. Membantu kelancaran tugas di Front Office
dan menggantikan Front Office manager ketika
berhalangan dan mengkoordinir beberapa
tugas sesuai dengan diskripsi pekerjaannya.
dan menggantikan Front Office manager ketika
berhalangan dan mengkoordinir beberapa
tugas sesuai dengan diskripsi pekerjaannya.
2. Membantu pekerjaan
Front Office Manager
dalam hal kontrol dan administrasi.
dalam hal kontrol dan administrasi.
3. Membuat jadwal kerja
Reception,Bell drive,Bell
boy,Telephone Operator,Reservasi,GRO.
boy,Telephone Operator,Reservasi,GRO.
4. Memantau operasional di Front Office
5. Mengarahkan dan
mengawasi terhadap
pekerjaan reception dan concierge
pekerjaan reception dan concierge
C.
Tugas
dan tanggung jawab Bell Captain
1. Mengurus barang bawaan
tamu pada saat
datang, selama menginap dihotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
datang, selama menginap dihotel maupun akan pergi meninggalkan hotel.
2. Mengatur tugas setiap Bell Boy
3. Menerima,menyimpan,dan
mencatat serta
membukukan setiap barang titipan tamu yang
akan disimpan diluggage store.
membukukan setiap barang titipan tamu yang
akan disimpan diluggage store.
4. Memastikan Luggage
store bersih dan teratur
D.
Tugas
dan Tanggung jawab Reception
1. Menangani registrasi tamu,memberikan
pelayanan sebelum tamu menginap serta
menangani check out tamu beserta
pembayarannya.
pelayanan sebelum tamu menginap serta
menangani check out tamu beserta
pembayarannya.
2. Menyambut tamu yang
datang di Front Desk
dengan ramah dan sopan
dengan ramah dan sopan
3. Mencatat uang deposit
tamu untuk menginap
4. Menghitung dan
bertanggung jawab atas uang
transaksi selama staff tersebut bertugas pada
hari tersebut.
transaksi selama staff tersebut bertugas pada
hari tersebut.
E.
Tugas
dan tanggung jawab Bell Boy
1. Membantu tamu dalam hal menangani barang
bawaan mereka luggage delivery dan luggage
down.
bawaan mereka luggage delivery dan luggage
down.
2. Menurunkan bawaan tamu dari mobil
3. Membawakan barang tamu
akan check-in
4. Mengantarkan barang
tamu sesuai dengan
nomor kamarnya.
nomor kamarnya.
5. Membantu membawakan
barang tamu yang
akan check out dari kamar ke Lobby
selanjutkan ke kendaraan tamu
akan check out dari kamar ke Lobby
selanjutkan ke kendaraan tamu
6. Menyimpan barang tamu
dengan tanda
khusus(luggage tag).
khusus(luggage tag).
BAB IV
PROSEDUR KERJA
4.1 Persiapan
1.
Persiapan
Diri
Persiapan
diri sangat penting dilakukan oleh seorang front
office sebelum melakukan kegiatan atau aktivitas di kantor depan. Persiapan
diri itu meliputi :
a. Kebersihan
badan
b. Untuk
wanita, rambutnya harus diikat dan di hair nett
c. Untuk
pria, rambutnya disisir rapi dan panjangnya tidak melewati telinga
d. Uniform
yang di pakai harus bersih dan rapi
e. Kuku
jari tangan dan kaki harus selalu pendek dan bersih
f. Bau
mulut harus selalu harum, hal itu harus dilakukan karena receptionist langsung berhadapan dengan tamu
g. Tidak
bau badan
2.
Persiapan
Operasional
a. Absensi
3.
Persiapan
Peralatan
Sebelum memulai
pekerjaan, penulis harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Counter harus dalam keadaan bersih dan
rapi. Selain itu, peralatan kerja yang akan digunakan juga harus dipersiapkan,
seperti :
a. Alat-alat
tulis
b. Formulir-formulir
yang akan dipakai seperti, registration
form, missceleneous form, guest folder, dan lain-lain
c. Alat
elektronik yang biasanya digunakan seperti, computer,
printer, scanner, telephone dan lain-lain.
4.2 Prosedur Kerja Ruang Lingkupnya
1. Dalam
pelaksanaan kerja di departemen Front
Office, di The Camakila Legian Bali Hotel memiliki beberapa pembagian shift
dan tugas yaitu :
a. Shift
pagi (morning shift) : 07.00-15.00
Di shift ini lebih banyak melaksanakan tugas meng checkout kan tamu
b. Middle sift :
12.00-20.00
Mem-follow up tu
menindaklanjuti kerja shift pagi dan
membantu kerja shift sore
c. Afternoon shift
: 15.00-23-00
Di shift ini lebih banyak menangani tamu yang akan check in
d. Night Shift
: 23.00-07.00
Di shift ini adalah kegiatan Night
Audit dalam membuat report dan
mengontrol Running Bill
2. Penanganan
Check In Tamu Reservasi
Dalam menangani tamu
yang sudah memiliki reservasi adalah sebagai berikut :
a.
Greeting
b. Menawarkan
bantuan
c. Menanyakan/memastikan
kepada tamu apakah sudah memiliki reservasi atau belum
d. Jika
tamu sudah mempunyai reservasi, staff
akan meminta vouchernya dari tamu
e. Meminjam
id tamu
f. Menyuguhkan
welcome drink
g. Memberikan
registration form untuk di tanda tangani
h. Mengulang
membaca resrvasinya sambil menunggu tamu selesai mengisi registration form
i.
Menanyakan tentang bagaimana pembayaran
yang akan dilunasi apakah dengan cash,
debit, atau kredit card
j.
Setelah tamu selesai mengisi registration card dan melunasi pembayarannya, receptionist pun menjelaskan waktu breakfast, jam buka kolam berenang, dan cara login wifi
k. Memberikan
kunci kamar
l.
Menanyakan apakah ada yang bisa dibantu
lagi
m. Mengucapkan
selamat beristirahat
n. Memanggil
bellboy untuk membantu membawakan barang
ke kamarnya
o. Memposting
payment tamu ke sistem
p. Melengkapi
data tamu di sistem
q. Mencetak
slip payment dan invoice tamu
untuk dijadikan closingan
3. Penanganan
Tamu Walk In
a.
Greeting
b. Menawarkan
bantuan
c. Memeriksa
ketersediaan kamar
d. Menawarkan
harga kamar
e. Jika
tamu ingin melihat kamar, akan diantarkan oleh bellboy yang disebut dengan showing
room
f. Jika
tamu berminat, tanyakan untuk beberapa malam, dan berapa orang yang menginap
g. Menyuguhkan
welcome drink
h. Meminta
id card, dan menanyakan kamarnya smoking room atau non smoking room
i.
Setelah itu akan menjelaskan fasilitas
kamar, including breakfast, dan buka
waktu breakfast, member kunci kamar,
dan menjelaskan cara login ke wifi
j.
Menanyakan apakah ada yang bisa di bantu
lagi
k. Memanggil
bellboy untuk mengantar barang-barangnya
ke kamar
l.
Setelah tamu check in , penulis
melengkapi reservasi tamu seperti :
1)
Mengisi first name, last name, dan title
2) Mengisi
tipe kamar
3) Mengisi
remaks
4)
Mengisi company id
5) Mengisi
country
6) Di
save dan memposting pembayaran
7) Melengkapi
data tamu
8) Mencetak
slip payment untuk closingan
4. Penanganan
Tamu Check Out
Untuk penanganan tamu check out dilakukan oleh receptionist yang mendapatkan shift pagi, tapi selain receptionist shift pagi terkadang ada juga yang shift sore atau malam, seperti tamu early checkout. Dalam pelaksanaanya, pertama-tama mereka harus
menerima atau mendengarkan penjelasan hand
over dari receptionist yang shift malam. Memeriksa uang di house bank dan mereka yang kerja pagi
harus membaca log book untuk menindak
lanjuti masalah yang belum selesai. setelah semua itu selesai, shift pagi mencetak departure list dan memeriksa satu persatu kamar yang akan check out di sistem. Setelah di periksa receptionist tinggal menunggu tamu-tamu
yang akan check out. Setelah tamu
datang ke counter FO, tamu akan
memberikan kunci kamar dan receptionist
akan meminta izin kepada tamu untuk memeriksa kamarnya terlebih dahulu untuk
mengurangi kemungkinan tamu meninggalkan barang-barangnya. Sambil menunggu info
dari housekeeping, receptionist memeriksa pembayarannya, receptionist akan menanyakan
menagihkannya kepada tamu. Setelah housekeeping
sudah menginfo kembali bahwa tidak ada barang yang tertinggal. Kami akan
menginfokan kepada tamu. Dan kami mengucapkan terimakasi sudah menginap di
hotel kami.
6. Penutup
Pelaksanaan Kerja
Setiap shift memiliki penutupan kerja
masing-masing seperti bekerja di shift
pagi, melaksanakan closing chasier
dan crediting point. Shift sore melaksanakan guest in house dan folio control, closing cashier. Sedangkan shift malam melaksanakan pengumpulan report night audit dan closing
cashier.
BAB V
PEMBAHASAN
5.1 Masalah Yang di Hadapi dan Pemecahannya
a. Adapun
masalah yang penulis hadapi selama on the
job training di The Camakila Legian Bali Hotel. Pertama kali training,
penulis tidak langsung berada di kantor depan. Tetapi penulis selama 3 hari di
berikan pengarahan prosedur-prosedur yang ada di hotel. Dan selama tiga hari
penulis diajarkan untuk menghafal kode – kode telepon di hotel.
b. Penulis
saat itu sangat ragu apakah penulis bisa berbicara langsung dengan tamu.
c. Saat pertama kali penulis di kantor depan
penulis benar-benar tidah tahu untuk mengerjakan apa, karena penlis masih gugup
saat petama kali berada di kantor depan
d. Pada
saat pertama kali penulis menghandle tamu check out dan check in, penulis
sedikit kebingungan karena penulis belum tau apa yang harus dikerjakan pertama.
1. Cara
pemecahan dari masalah yang penulis hadapi selama melaksanakan On The Job Training di The Camakila
Legian Bali Hotel
a. Penulis
belajar untuk menjadi pengafal yang baik.
b. Saat
penulis pertama kali berada di kantor depan penulis awalnya sangat bingung apa
yang harus di kerjakan terlebih dahulu. Akhirnya penulis membaca catatan yang
di berikan oleh FOM kepada penulis. Dan penulis juga bertanya kepada senior
agar penulis nantinya tidak salah. Saat melakukan pekerjaan.
c. Pada
saat penulis menghandle tamu check in penulis bertanya kepada senior bagaimana
langkah-langkahnya. Selain itu, senior penulis juga mengatakan saat handle tamu
check in, sering sekali ada kejadian berbeda nama yang ada di sistem dan di voucher yang di bawa oleh tamu oleh
karena itu kita harus meminta id card
tamu tersebut. Dan saat penulis menghandle tamu check out penulis harus
bertanya kepada tamu berapa nomor kamarnya,
5.2 Ketidak sesuaian Praktek dan Teori
Ketidak sesuaian
praktek dan teori yang terdapat di hotel dan di sekolah sebagai berikut :
1. Tahapan
dalam menghandle tamu check in
2. Tahapan
dalam menerima telepon sedikit berbeda yang di ajarkan oleh sekolah dan hotel. Jika
di sekolah lebih ke aturan yang lumayan rumit. Dan pada saat penelepon
meninggalkan pesan di hotel kita kirimkan melalui via internet.
3. Disaat
penulis menjadi bell girl di hotel
penulis hanya di perintahkan untuk membawakan barang dan mengisi luggage tag sedangkan di sekolah sangat
banyak form yang harus di isi
5.3 Kesesuaian Praktek dan Teori
1. Pada
tahapan meyambut tamu yang datang yang di ajarkan di sekolah dengan di hotel
sama langkah-langkahnya
2. pada
tahapan mengangkat telepon sama seperti yang diajarkan di sekolah. Walau kita
itu tidak berhadapan langsung dengan tamunya kita harus tetap senyum dan
intonasi suara yang benar
BAB
VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Dari
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri, penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan
adanya Praktek Kerja Industri sebagai salah satu kurikulum yang wajib diikuti,
penulis dapat mempraktekkan teori dan praktek yang di dapat di Sekolah di
industri, sehingga penulis dapat membandingkan dan menambah ilmu yang kurang
dari pelaksanaan Praktek Kerja Indsutri tersebut.
Bahwa dalam
Praktek Kerja Industri yang dilakukan di industri memiliki manfaat yang sangat
besar bagi penulis sebagai jenjang dalam meniti karier di bidang pariwisata dan
perhotelan, sebab dengan melaksanakan training di industri, penulis bisa
mengetahui segala sesuatu yang ada di hotel dan apa yang di lakukan di
hotel
Selain
itu, melalui Praktek Kerja Industri juga membuat penulis menjadi tahu bagaimana
cara melayani tamu dengan baik, dan mengetahui standar minimum yang harus
diketahui dalam bekerja. Dari Praktek Kerja Industri ini juga penulis
mengetahui bagaimana caranya bekerja dengan cepat dan tepat.
6.2 Saran
A. Saran untuk sekolah
Kepada sekolah, khususnya kepada
guru-guru yang mengajar di bidang Front
Office agar dapat memberikan bimbingan tentang jenis-jenis system yang ada
seperti Opera,Videlio,VHP,RealTa dan lain-lain. Karena selain cara kerja,
disiplin, loyalitas, rajin ataupun menguasai bahasa, yang penulis dapatkan
ternyata menguasi beberapa system tersebut sangatlah berguna dalam melaksanakan
operasional kerja di bagian Front Office.
B. Saran untuk pembaca
Kepada adik-adik dan teman-teman
yang akan melaksanakan On The Job
Training, hendaknya mempersiapkan diri dengan baik sehingga dapat memahami
maksud dan tujuan On The Job Training
itu sendiri.
C. Saran untuk hotel
Saran untuk hotel saya ingin Front Office lebih meningkatkan
kinerjanya agar dapat meningkatkan kualitas hotel, staff ataupun trainee yang
bekerja disana agar lebih bisa memuaskan para tamu hotel, tetap selalu diadakan
promosi – promosi yang menarik agar tetap menjaga kualitas hotel serta dapat
melestarikan budaya Indonesia khususnya Bali dan tetap sabar melatih siswa –
siswa trainingnya. Dan saya berterima kasih kepada supervisor dan senior-senior
yang telah melatih dan membimbing saya selama 6 bulan. Dan tetap pertahankan
grooming dan keramah tamahan di manapun
dan kapan pun.
DAFTAR
PUSTAKA
Bordi, James.2007.
Hotel Front Office Management. Fourth
Edition. New York:
Van Nostrand Reinhold.
____________. 2005. Front Office Reception, Tourism and
Hospitality Training Caterine, Dubois. 1996. The Front Office Hand Out. Victoria: Box Hill TAFE of College.
Company. Ismail, Ahmed.
2011. Front Office Operation. CBI
publishing Company, Inc
Djanuraga, Agung. 2007.
Kantor Depan Hotel. Jakarta:
Depdiknas.
Handoko, Hapi. 1995. Manajemen. Penerbit BPEE. Yogyakarta
Hidayat, Andi. 2008. Maestro Hotel System, Modul Panduan
Program Maestro. Jakarta
Hou,Wee Chou, Lee Khai
Sheang, Bambang waluyo Hidayat, Sun Tzu.
1991. War and Management. New
York: Addison Wesley, Publishing.
Laura, Day. 1997. Practical
Intuition. Penerbit PT Gramedia
Pustaka Utama. Jakarta.
Magany, Richard
D.2009. Menyediakan Layanan Akomodasi Reception. Jakarta: Erlangga.
Pelisson, Gerard. 2010.
ACCOR Management Le’carte Advantage Plus.
ACCOR. France.
Sugiarto,Endar. 1998. Operational Kantor Depan. Jakarta.
Gramedia.
Sujatno, Bambang.2008. Front Office Operations Secret Skills For
Five Stars Hotels. Yogyakarta: Andi.
Sulastiyono, Agus, 2002. Management Penyelenggaraan Hotel.
Bandung: Alfabeta.
Uhi, Lyn.2013. Reception and Responsibility. USA:
PreMedicalGlobal
Unaradjan, doloi. 2003. Manajemen
Disiplin. Penerbit PT Gramedia Widiarsana Indonesia, Jakarta.
Comments
Post a Comment